Pembahasan soal Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2015 kode naskah 602 subtes Numerikal nomor 16 sampai dengan nomor 22 tentang Pola Bilangan.
Soal Numerikal No. 16
7, 5, 11, 8, 6, 12, 9, 7, ....
A. 16
B. 13
C. 11
D. 6
E. 5
Pembahasan
Pola bilangan yang naik-turun biasanya terdiri dari gabungan dari beberapa pola bilangan. Pola bilangan seperti ini sering juga disebut pola bilangan loncat. Perhatikan ilustrasi berikut ini.
Pola bilangan tersebut terdiri dari tiga barisan aritmetika dengan beda 1:
7, 8, 9, ...
5, 6, 7, ...
11, 12, 13, ...
Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 13 (B).
Soal Numerikal No. 17
9, 10, 8, 11, 7, 12, 6, ....
A. 3
B. 5
C. 7
D. 11
E. 13
Pembahasan
Pola bilangan di atas juga merupakan pola bilangan loncat. Perhatikan ilustrasi pola bilangan tersebut.
Pola bilangan tersebut terdiri dari dua barisan aritmetika yang masing-masing mempunyai beda −1 dan 1:
9, 8, 7, 6, ...
10, 11, 12, 13, ...
Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 13 (D).
Soal Numerikal No. 18
7, 5, 10, 5, 3, 6, 3, 1, ....
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
E. 6
Pembahasan
Ilustrasi untuk pola bilangan di atas adalah:
Pola bilangan tersebut merupakan gabungan dari tiga barisan aritmetika, yaitu:
7, 5, 3, ...
5, 3, 1, ...
10, 6, 2, ...
Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 2 (C).
Soal Numerikal No. 19
2, 8, 4, 16, 8, 32, 16, 64, ....
A. 16
B. 24
C. 32
D. 72
E. 128
Pembahasan
Perhatikan ilustrasi untuk pola bilangan di atas!
Pola bilangan tersebut merupakan gabungan dari dua barisan geometri dengan rasio 2.
2, 4, 8, 16, 32, ...
8, 16, 32, 64, ...
Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 32 (C).
Soal Numerikal No. 20
6, 9, 15, 27, 51, 99, 195, ....
A. 267
B. 297
C. 347
D. 387
E. 397
Pembahasan
Pola bilangan pada soal di atas merupakan pola bilangan dengan selisih yang selalu berubah. Tetapi perubahan selisihnya selalu tetap, yaitu 2 kali dari selisih sebelumnya.
Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 387 (D).
Soal Numerikal No. 21
8, 7, 6, 6, 4, 5, 2, 4, ....
A. 0
B. 2
C. 3
D. 4
E. 6
Pembahasan
Ilustrasi untuk pola bilangan di atas adalah:
Pola bilangan tersebut terdiri dari 2 barisan aritmetika dengan benda −2 dan −1:
8, 6, 4, 2, 0, ...
7, 6, 5, 4, ...
Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 0 (A).
Soal Numerikal No. 22
5, 6, 4, 12, 16, 11, 66, ....
A. 10
B. 33
C. 73
D. 77
E. 86
Pembahasan
Pola bilangan yang satu ini agak berbeda dengan pola bilangan pada soal-soal sebelumnya. Perhatikan ilustrasi dari pola bilangan tersebut!
Jadi, pola berikutnya pada pola bilangan tersebut adalah 73 (C).
Pembahasan Verbal No. 11 - 15 TKPA SBMPTN 2015
Pembahasan Soal Numerikal No. 23 - 30 TKPA SBMPTN 2015
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.