Pembahasan soal Pemahaman Bacaan dan Menulis Tes Potensi Skolastik (TPS) pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019 nomor 27 sampai dengan nomor 32 tentang pemahaman bacaan.
Bacaan 4
Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.[…]
1Pendidikan kita saat ini setidaknya dihadapkan […] tiga masalah besar. 2Masalah tersebut terkait dengan mutu, motivasi, dan pemerataan pendidikan. 3Secara umum, saat ini pendidikan kita lebih menjalankan akumulasi pengetahuan yang bersifat […] daripada penguasaan keterampilan dan pembentukan kepribadian. 4Pola motivasi sebagian besar peserta didik lebih kepada penampilan daripada pencapaian. 5Bentuk motivasi ini lebih mengutamakan ijazah atau gelar daripada […] yang benar-benar dikuasai atau mampu dikerjakan. 6Pendidikan kita belum berhasil meningkatkan kualitas hasil belajar sebagian besar peserta didik yang umumnya [...] sedang atau kurang. 7Pendidikan kita mungkin baru berhasil meningkatkan kemampuan peserta didik yang merupakan bibit unggul.
Soal No. 27
A. | Keadaan Nyata Pendidikan Indonesia |
B. | Masalah Utama Pendidikan Indonesia |
C. | Masalah-masalah Pendidikan Indonesia |
D. | Pelaksanaan Program Pendidikan Indonesia |
E. | Kekurangan-kekurangan Program Pendidikan Indonesia |
Pembahasan
Jenis paragraf di atas adalah deduktif. Kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Inti dari kalimat pertama adalah tiga masalah besar pendidikan Indonesia.Tiga masalah besar bisa diartikan masalah utama (opsi B). Sedangkan opsi C terlalu luas karena yang dibahas hanya tiga masalah.
Jadi, judul yang paling tepat pada tulisan di atas adalah Masalah Utama Pendidikan Indonesia (B).
Soal No. 28
A. | dari |
B. | bagi |
C. | pada |
D. | untuk |
E. | kepada |
Pembahasan
Kata depan kepada berhubungan dengan orang, sedangkan kata depan pada berhubungan kata benda selain orang.Jadi, kata depan yang tepat pada kalimat 1 adalah pada (C).
Soal No. 29
A. | kaku |
B. | luwes |
C. | verbal |
D. | kognitif |
E. | psikomotor |
Pembahasan
Titik-titik pada kalimat 3 berisi kata yang berlawanan dengan frase penguasaan keterampilan dan pembentukan kepribadian karena dihubungkan dengan kata daripada. Lawan dari frase penguasaan keterampilan dan pembentukan kepribadian adalah pengetahuan kognitif.Jadi, kata yang paling tepat pada kalimat 3 adalah kognitif (D).
Soal No. 30
A. | ujian |
B. | pelajaran |
C. | substansi |
D. | kreativitas |
E. | keterampilan |
Pembahasan
Sama seperti no. 29, titik-titik pada kalimat tersebut diisi dengan kata yang berlawanan dengan kata atau frase sebelumnya.Mengutamakan ijazah atau gelar bertentangan dengan keterampilan yang dikuasai.
Jadi, kata yang paling tepat pada kalimat 5 adalah keterampilan (E).
Soal No. 31
A. | berkemauan |
B. | berkeuangan |
C. | berkekurangan |
D. | berkemampuan |
E. | berketerampilan |
Pembahasan
Maksud kalimat 6 adalah kualitas hasil belajar belum berhasil ditingkatkan karena banyak peserta didik yang mempunyai kemampuan sedang atau rendah. Mempunyai kemampuan bisa diganti dengan kata berkemampuan.Jadi, kata yang paling tepat pada kalimat 6 adalah berkemampuan (D).
Soal No. 32
A. | pemerataan |
B. | kepribadian |
C. | menjalankan |
D. | meningkatkan |
E. | mengutamakan |
Pembahasan
Kata menjalankan pada kalimat 3 kurang tepat, seharusnya diganti mengutamakan.Jadi, kata berimbuhan yang salah digunakan pada paragraf tersebut adalah menjalankan (C).
Simak Pembahasan Soal TPS UTBK SBMPTN 2019 selengkapnya.
PU | : | Penalaran Umum |
PBM | : | Pemahaman Bacaan dan Menulis |
PPU | : | Pengetahuan dan Pemahaman Umum |
PK | : | Pengetahuan Kuantitatif |
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, berbagi pengetahuan bersama Kak Ajaz. Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.