Soal UTS PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 K13 + Kunci Jawaban
Kami berharap, semoga dengan contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS) atau yang dulu disebut Ujian Tengah Semester (UTS) mapel Bahasa Indonesia Kelas 8 / VIII yang kami bagikan ini, adik-adik kelas 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataupun Madrasah Tsanawiyah (MTs) dapat menggunakannya untuk belajar dan latihan mengerjakan PTS yang sebenarnya, sehingga dapat mengerjakan PTS dengan baik, dan memperoleh hasil yang maksimal.
Perhatikan teks berikut dengan seksama!
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
22. Simpulan yang tepat dari teks di atas adalah
A. Pecandu rokok sulit berhenti dari kebiasaan merokoknya
B. Harga rokok di Malaysia sangat mahal
C. Pengeluaran untuk membeli rokok lebih besar daripada untuk membeli kebutuhan pokok
D. Kita harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak kecanduan
23. Dalam teks persuasi, yang dimaksud dengan pengenalan isu adalah
A. pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.
B. Pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen- argumennya itu.
C. Dorongan kepada pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu
D. Penegasan kembali
24. Dalam teks persuasi, yang dimaksud dengan rangkaian argumen adalah
A. pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.
B. Pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen itu.
C. Dorongan kepada pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu
D. Penegasan kembali
25. Dalam teks persuasi, kita mengenal adanya pendapat dan fakta. Berikut yang merupakan contoh pendapat adalah
A. Merokok pada hakikatnya bukanlah suatu kebiasaan yang baik.
B. Di Indonesia, kebijakan tentang rokok jauh lebih longgar dari pada negara- negara di Eropa Barat
C. Di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang, para perokok disediakan tempat tertentu untuk merokok.
D. Di SPBU sudah umum dikenali papan larangan untuk merokok
Soal Isian
1. Sebutkan cirri-ciri umum teks eksplanasi!
Jawab:
a. Teks terdiri atas paragraph-paragraf
b. Setiap paragraf mengusung sebuah topic
c. Kalimat-kalimat yang mengisi setiap paragrafnya berisi fakta
d. Fakta-fakta tersebut dirangkaikan dengan cara kronologis dan kausalitas
2. Sebut dan jelaskan struktur teks eksplanasi
Jawab:
a. Identiikasi fenomena, mengidentiikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena fenomena lain.
b. Penggambaran rangkaian kejadian, sebagai perincian atas kejadian yang
relevan dengan identiikasi fenomena. Bagian ini dapat disusun dengan
pola kausalitas ataupun kronologis.
c. Ulasan, berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas
kejadian yang dipaparkan sebelumnya.
3. Sebut dan jelaskan kaidah-kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi!
a. Menggunakan konjungsi kausalitas, antara lain, sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga.
b. Menggunakan konjungsi kronologis (hubungan waktu), seperti kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya
c. Menggunakan kata benda yang merujuk pada jenis fenomena, bukannya pada kata ganti penceritanya. Kata ganti yang dimaksud, misalnya, Kabupaten Bandung, burung, gerhana, kesenian daerah, perkembangan budaya Papua.
d. Di dalam teks itu pun sering dijumpai kata teknis atau peristilahan, sesuai dengan topik yang dibahasnya.
4. Sebut dan jelaskan langkah-langkah menulis teks eksplanasi!
a. Menentukan topik atau suatu kejadian yang menarik, dikuasai, dan aktual.
b. Menyusun kerangka teks, yakni dengan mengembangkan topik utama kedalam rincian-rincian topik yang lebih spesiik. Topik-topik itu dapat disusun Dengan urutan kronologis atau kausalitas.
c. Mengumpulkan bahan, berupa fakta atau pendapat para ahli tedkait
dengan kejadian yang dituliskan dari berbagai sumber, misalnya melalui observasi lapangan ataupun dengan studi literatur.
d. Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi teks eksplanasi yang lengkap dan utuh dengan memperhatikan struktur bakunya: identiikasi fenomena/kejadian, proses kejadian, dan ulasan. Perhatikan pula kaidah-kaidah kebahasaan yang berlaku pada teks ekspalansi.
5. Sebut dan jelaskan struktur teks ulasan!
a. Identitas karya yang meliputi mencakup judul, pengarang, penerbit,
tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku. Bagian ini mungkin saja tidak dinyatakan secara langsung. Hal itu seperti yang tampak pada teks ulasan film dan lagu.
b. Orientasi. yakni dengan menjelaskan keberadaannya sebagai novel yang mendapat penghargaan, sekaligus mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak kalangan.
c. Sinopsis berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
d. Analisis berupa paparan tentang keberadaaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.
e. Evaluasi berupa paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya.
Dalam contoh di depan dinyatakan bahwa novel Atheis menyajikan
beberapa pelajaran hidup, bahasanya mudah dicerna.
Selengkapnya.... || Download Paket Soal 3 || Download Kunci Jawaban Paket 3 ||
Demikian Contoh Soal UTS / PTS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 / VIII SMP MTs Semester 2 Genap Kurikulum 2013 beserta kunci yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu adik-adik sekalian untuk belajar.