Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional SMP/MTS Bahasa Inggris 2012/2013







Bagian 1 (READING)





Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).




  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation, schedule.

  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.

  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive

  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount

  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative

  • Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.



Bagian 2 (WRITING)






Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. 





  • Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana. 


  • Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana. 

  • Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.


  • Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna. 





by BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)







Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url