3 Paket Soal UTS PTS Matematika Kelas 8 Semester 2 K13 + Kunci Jawaban
Tentang Penilaian Tengah Semester (PTS)
Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengukur pencapaian siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama setengah semester atau sekitar 8 minggu Fungsi dari PTS ini adalah sebagai bentuk penilaian kinerja dan belajar siswa selama setengah semester. PTS akan terlaksana pada pekan ke-8 atau ke-9 dalam setiap kali semester.
Materi yang akan diujikan pada Penilaian Tengah Semester mengenai kompetensi dasar. Selain itu, PTS sendiri memiliki beberapa fungsi dan tujuan.
Tujuan dari Penilaian Tengah Semester (PTS) antara lain :
- Mengukur hasil pembelajaran yang peserta didik selama setengah semester
- Mengukur apakah materi pelajaran yang dari para guru pada setiap mata pelajaran selama setengah semester melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah mampu dipahami oleh pelajar
- Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan
- Sebagai sarana pembangun motivasi belajar untuk pelajar
Sementara itu, fungsi dari Penilaian Tengah Semester (PTS) antara lain :
- Sebagai pendorong peningkatan mutu belajar
- Bentuk evaluasi bagi para guru
- Alat pengendali mutu pendidikan secara umum
Soal UTS PTS Matematika Kelas 8 Kurikulum 2013 + Kunci Jawaban
Kami berharap, semoga dengan contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS) atau yang dulu disebut Ujian Tengah Semester (UTS) mapel Matematika Kelas 8 yang kami bagikan ini, adik-adik kelas 8 /VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataupun Madrasah Tsanawiyah (MTs) dapat menggunakannya untuk belajar dan latihan mengerjakan PTS yang sebenarnya, sehingga dapat mengerjakan PTS dengan baik, dan memperoleh hasil yang maksimal.
Kisi-kisi Soal UTS / PTS Matematika Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013
Preview Paket 1 Soal UTS PTS Matematika Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013
7. Suatu juring lingkaran mempunyai luas 6cm². Jika jari-jari lingkaran tersebut 4 cm, maka panjang busur pada juring tersebut
adalah.......
a. 3 cm c. 4 cm
b. 3,5 cm d. 4,5 cm
8. Diketahui panjang jari-jari suatu lingkaran adalah 21 cm dan panjang busurnya 22 cm. Luas juring lingkaran tersebut adalah.........
a. 48 cm² c. 132 cm²
b. 66 cm² d. 231 cm²
9. Sebuah juring lingkaran yang berjari-jari 10 cm mempunyai luas 56 cm². Besar sudut pusat juring tersebut adalah.........
a. 54º c. 68,25º
b. 64,20º d. 71º
10. Diketahui luas sebuah lingkaran 616 cm² dan p = 22/7 , maka keliling lingkaran itu adalah...........
a. 22 cm c. 66 cm
b. 44 cm d. 88 cm
11. Diketahui keliling suatu lingkaran 88 cm. Jika p = 22/7 , maka luas lingkaran itu adalah..............
a. 49 cm² c. 308 cm²
b. 154 cm² d. 616 cm²
12. Jarak antara dua pusat lingkaran adalah 17 cm. Jika panjang jari-jari kedua lingkaran masing-masing adalah 5 cm dan 3 cm, maka panjang garis singgung persekutuan dalam kedua lingkaran itu
adalah.........
a. 12 cm c. 15 cm
b. 13 cm d. 16 cm
13. Panjang garis singgung persekutuan dalam dua buah lingkaran adalah 20 cm. Jika jarak kedua pusat lingkaran adalah 25 cm dan panjang jari-jari lingkaran besar 10 cm, maka panjang jari-jari lingkaran kecil
adalah..........
a. 5cm c. 12 cm
b. 8 cm d. 15 cm
14. Sebuah balok mempunyai luas permukaan 376 cm2. Jika panjang dan lebar balok berturut-turut 10 cm dan 6 cm, maka tinggi balok adalah ...
a. 6 cm c. 8 cm
b. 7 cm d. 9 cm
15. Keliling alas sebuah kubus adalah 32 cm. Maka luas permukaan kubus adalah …
64 cm² c. 384 cm²
128 cm² d. 512 cm²
Luas permukaan sebuah kubus 294 cm². Maka volume kubus tersebut adalah ….
49 cm³ c. 196 cm³
96 cm³ d. 343 cm³
16 Sebuah kolam renang berbentuk kubus dengan ukuran sisi 5 m. Jika seluruh permukaan bagian dalamnya dilapisi keramik dengan biaya Rp 50.000,00 tiap 1 m2 maka biaya yang dibutuhkan adalah ….
a. Rp 6,25 juta
b. Rp 7,5 juta
c. Rp 9 juta
d. Rp 10 juta
17. Diketahui prisma dengan alas segitiga samasisi yang panjang sisinya 8 cm dan tinggi prisma 20 cm. Volume prisma tersebut adalah ….
a. 320√2 cm3 c. 160√3 cm3
b. 320√3 cm3 d. 160√2 cm3
18.Prisma tegak ABCD.EFGH beralaskan persegi panjang dengan AB=18 cm dan BC=10 cm. Bila AE=30 cm dan luas seluruh permukaan prisma adalah....
1680 cm³ c. 2040 cm³
1060 cm³ d. 1400 cm³
Diketahui limas T. ABCD dengan ukuran sisi alas AB = 24 cm, BC = 18 cm dan panjang rusuk tegaknya 25 cm. Tinggi limas T. ABCD adalah….
20 cm
25 cm
30 cm
35 cm
Preview Paket 2 Soal UTS PTS Matematika Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013
Preview Paket 3 Soal UTS PTS Matematika Kelas 8 / VIII Semester 2 Kurikulum 2013
23. Dari gambar berikut, diketahui panjang CD adalah 24 cm, dan panjang jari-jari adalah 28 cm dan 10 cm, maka panjang garis AB adalah….
A. 26 cm
B. 30 cm
C. 35 cm
D. 38 cm
24. Panjang garis singgung persekutuan dalam dua buah lingkaran adalah 20 cm. Jika jarak kedua pusat lingkaran adalah 25 cm dan panjang jari-jari lingkaran pertama 7 cm, maka panjang jari-jari lingkaran kedua adalah...
A. 5 cm C. 8 cm
B. 7 cm D. 12 cm
25. Jika diameter setiap lingkaran di samping adalah 14 cm, maka tentukan panjang tali yang diperlukan untuk mengikat 6 buah lingkaran tersebut!
A. 84 cm
B. 128 cm
C. 158 cm
D. 202 cm
II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Nina kemarin membeli karpet bundar berdiameter 3 m. Berapa luas karpet yang di beli oleh Nina?
2. Sebidang tanah yang dengan bentuk bundar mempunyai luas 12.474 m². Hitunglah berapa diameter dari tanah itu!
3. Ani membuat sebuah dasar gelas dengan bentuk bundar berdiameter 10 cm. Dasar gelas yang dibuat menggunakan kain flanel. Jika Ani telah membuat dasar gelas dengan jumlah 1 lusin. Maka hitunglah luas atas keseluruhan dasar gelas itu!
4. Taman yang ada tepat dii belakang rumah Bibi Ruri ini berbentuk lingkaran dengan ukuran diameternya 8 m. Berapa keliling serta luasnya?
5. Di halaman belakang rumah Pak Narto ada sebuah kolam ikan yang memiliki bentuk setengah lingkaran. Kolam dengan jari-jari 3 m. Berapa luas serta keliling dari kolam ikan Pak Narto itu?
Demikian Contoh Soal UTS / PTS Mata Pelajaran Matematika Kelas 8 / VIII SMP MTs Semester 2 Genap Kurikulum 2013 beserta kunci yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu adik-adik sekalian untuk belajar.